Sabtu, 29 Oktober 2011

Ruang Lingkup ISD

Ruang Lingkup ISD merupakan mata kuliah yang diberikan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, penalaran sosialnya dapat dikembangkan dan dapat lebih peka lagi terhadapnya.

Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan:

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu dan sudut pandang, kenyataan-kenyataan tersebut sering ditanggapi berbeda-beda oleh pakar ilmu-ilmu sosial
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Contohnya dari konsep sejenis itu misalnya konsep keanekaragaman dan konsep kesatuan sosial. Bertolak dari konsep itu semua, kita bisa simpulkan bahwa didalam masyrakat selalu terdapat persamaan dan perbedaan kepentingan. Dalam hal demikian, itulah yang sering menyebabkan adanya konflik, kerja sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
  3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut diatas, dapat dijabarkan leih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di operasionalkan.Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
    1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
    2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
    3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
    4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
    5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
    6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
    7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
    8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat

ISD meliputi 2 kelompok utama yaitu manusia dan masyarakat, dan juga studi lembaga-lembaga sosial.

Tidak ada komentar: