BAB
4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan bab-bab yang sudah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan bahwa
penulis berhasil mengetahui faktor yang menjadikan pelanggan
mampu bertahan terhadap suatu pelayanan telekomunikasi yang digunakan dan mengetahui juga seberapa besar tingkat
kepuasan dari pelanggan yang diambil datanya berdasarkan survey dari 20
koresponden
Faktor-faktor
yang menjadikan pelanggan mampu bertahan terhadap suatu pelayanan
telekomunikasi adalah seperti pelayanannya yang baik, dalam artian jarang ada
gangguan pada sinyal yang dapat menghambat akses data, kecepatan data dari
provider dan diadakannya promo-promo menarik yang diberikan kepada konsumen/user.
4.2 Saran
Bagi setiap unit pelayanan telekomunikasi hendaknya masih tetap terbuka
menerima kritik dan saran dari berbagai pihak, agak dapat menampung dan
memperbaiki hal-hal yang dikomplainkan pelanggan, demi memberikan kepuasaan
sesuai dengan apa yang diharapkan para pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
Alex S. Nitisemito, Marketing. Edisi Revisi I, Ghalia
Indonesia, Jakarta, 1981.
Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Penerbit Andi
Yogyakarta 2000
J, Supranto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan
Pelanggan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 239.
Perreault, D, William, E. Jerome, Mc Carty (1993),
”Dasar-dasar Pemasaran”, PT. Erlangga,
Jakarta.
Schnaar, S.P,1991. Marketing Strategy: A
.Customer-Driven Approach. The Free Press. New York
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2005).
Service Quality and Satisfaction. Andi Yogyakarta, Yogyakata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar