Senin, 05 Januari 2015

Kecendrungan Penggunaan Handphone di Indonesia

Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless): (Wikipedia.org)

Namun di era modern saat ini handphone ternyata memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat di indonesia. hampir sebagian besar masyarakat di indonesia memiliki jenis gadget seperti handphone. Pengguna ponsel di negara ini memang belum segila Brasil soal gonta-ganti handphone, tapi jumlahnya tetap tidak main-main. CIA mencatat ada 236.800.000 pelanggan seluler di Tanah Air.

Dari jumlah itu, belum terdata berapa orang yang memiliki ponsel lebih dari satu. Namun tidak bisa dipungkiri, pasar terbesar ponsel di Indonesia adalah feature phone, alias ponsel jadul yang hanya menawarkan fungsi komunikasi dasar seperti menelepon dan SMS.

Riset dari lembaga AC Nielsen mencatat 95 pengguna ponsel di Indonesia memanfaatkan alat itu untuk menjelajahi Internet. Bahkan tidak sedikit penduduk yang memiliki ponsel, tapi tidak memiliki komputer atau laptop.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi di indonesia akan sangat mempengaruhi perkembangan jumlah statistik penggunaan handphone, bahkan sekarang anak dibawah umur tidak lagi bermain permainan yang seharusnya dilakukan diusianya karena sudah mengenal handphone dengan teknologi yang canggih. Disamping handphone yang kini berkembang menjadi smartpone selain berfungsi dari untuk mempermudah pekerjaan manusia ternyata juga memiliki dampak buruk seperti salah satu contohnya menjadi "kecanduan" dan terlalu merasa nyaman dengan dunia maya dan bisa menjadikan seseorang menjadi anti sosial di kehidupan nyata.




Referensi : http://www.telaconu.com/2013/08/inilah-negara-dengan-pengguna-ponsel.html

Tidak ada komentar: